SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI –
Alamat : –
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kelas / Semester : XII / V
Pertemuan ke : 1 – 2
Alokasi Waktu : 10 jam X 45 Menit
Standart Kompetensi :Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kompetensi Dasar : Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN
Indikator :
- Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnosis
- Spesifikasi perangkat jaringan dan hardware terpasang diperiksa
- Pemeriksaan status/history/log sheet hasil perawatan dan atau perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada)
- Prosedur, metode, dan peralatan bantu pemeriksaaan (seperti tools kit) yang akan digunakan (sesuai SOP) disiapkan
- A. Tujuan Pembelajaran
v Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada WAN
v Menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat
v Merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan
v Mengidentifikasi jeni-jenis pesan kesalahan pada WAN
v Memisahkan kelompok permaslahan yang terjadi berdasrkan hardware, software dan penyebab eksternal
v Merencakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
v Memasang perangkat WAN
v Memasang jaringan peer to peer
v Memasang network card dan instalasi driver
v Menguji konektifitas WAN
- B. Materi Ajar
l Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan
l Teknik pemeriksaan spesifikasi perangkat jaringan
- C. Metode Pembelajaran
l Teori Praktis
l Teori
l Demonstrasi
l Tanya jawab / diskusi
l Praktek dan tugas kelompok
- D. Langkah-langkah Pembelajaran
No |
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Pendidikan karakter |
1 |
Kegiatan Awal |
|
|
|
- Siswa menjawab salam pembuka dari guru dan berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
10’ |
Empati, religius |
- Guru melakukan presensi kehadiran siswa
|
Disiplin |
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
Ekplorasi |
|
|
- Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan
- Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnosis
- Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan
- Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat
|
85’ |
Perhatian, tanggung jawab,rasa ingin tahu, Mandiri, disiplinTanggung jawab |
Konfirmasi |
|
|
- Siswa menyimpulkan semua materi dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan
|
30’ |
Tanggung jawab |
3 |
Kegiatan penutup |
|
|
|
- Guru menyimpulkan materi
- Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
- Siswa menjawab salam penutup
|
10’ |
Tanggung jawab empati |
- E. Alat / Bahan / Sumber Belajar
l Internet
l Modul Ajar
l Software Network Simulator
l Buku Manual Jaringan Komputer
l Perangkat Jaringan Komputer
l Toolkit
- F. Metode Penilaian
- 1. Penilaian
- Teknik :
1) Tertulis
2) Tes Praktek
- Bentuk
1) Uraian singkat
- Instrumen
1. ???????
- Kunci jawaban
- Pedoman Penilaian
1) Psikomotor ( PRAKTIK)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Persiapan
|
K3LH
|
Diagnosa
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2) Tes Sikap (Afektif)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Kehadiran
|
Proses
belajar
|
Sikap
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Tes Pengetahuan (Kognitif)
No
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2.Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
K K M
( KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL )
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
|
KKM
( % )
|
KOMPLESITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Kompleksitas = kesulitan dan kerumitan
- Daya dukung = sarana dan prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya.
- Intake = masukan kemampuan siswa.
Penilaian KKM :
1. Kompleksitas : – Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
- Jika penilaian indicator memiliki criteria :
kompleksitas sedang,
daya dukung tinggi, dan
intake sedang,
KKM menjadi :
= 77 %
- g. SOAL DAN JAWABAN
- Sebutkan tata cara untuk pengecekan ulang pada jaringan LAN ?
- Bagaimana cara pengujian jaringan apakah sudah terhubung atau belum apa indikasinya jika sudah terhubung?
- Pemeriksaan merupakan tindakan untuk melakukan pengecekan ulang kembali dari proses paling awal yakni:
a) Memeriksa pemasangan kartu jaringan (LAN Card) dengan apakah telah terpasang dengan baik atau tidak
b) Memeriksa Pemasangan konektor Kabel pada hub/switch atau konektor lain tidak mengalami short atau open,
c) Pemasangan konektor tidak longgar
d) Setting dan konfigurasi kartu jaringan secara software telah benar sesuai dengan ketentuan jaringan sebelumnya baik dari instalasi driver kartu jaringan, Konfigurasi IP Address, Subnet mask dan Workgroup yang digunakan.
- cara pengujian jaringan apakah sudah terhubung atau belum adalah dengan cara:
- Find Computer pada network neighborhood indikasi bila telah terhubung adalah akan ditemukan Computer name yang sesuai dengan pencarian jika Computer namenya benar.
- Double klik pada icon network neighborhood akan muncul computer name selain computer name milik kita sendiri.
- Windows Explorer pada drive network neighborhood akan muncul computer name selain computer name milik kita sendiri
- PING IP Address komputer lain maka akan mendapatkan balasan balasan pengiriman data bila komputer yangkita hubungi sedang aktif dan dalam sistem jaringan yang sama dengan kita. Sebagai contoh :
Replay from 10.1.1.1: bytes = 32 time <10 ms TTL = 128
-, 18 Juli 2012
Mengetahui :
Kepala Sekolah Verifikator Guru Mata Pelajaran
– – –
NIP.- NIP. – NIP. –
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 1 –
Alamat : –
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kelas / Semester : XII / V
Pertemuan ke : 3 s.d 16
Alokasi Waktu : 70 jam X 45 menit
Standart Kompetensi : Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kompetensi Dasar : Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN
Indikator :
l Mengidentifikasi komponen WAN yang mengalami kerusakan
l Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen jaringan
l Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya
- A. Tujuan Pembelajaran
v menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada WAN
v menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat
v merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan
v Mengidentifikasi jeni-jenis pesan kesalahan pada WAN
v Memisahkan kelompok permasalahan yang terjadi berdasarkan hardware, software dan penyebab eksternal
v Merencakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
v Memasang perangkat WAN
v Memasang network card dan instalasi driver
v Menguji konektifitas WAN
v Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN
- B. Materi Ajar
l Gejala kerusakan pada komponen jaringan
l Langkah-langkah penggantian komponen jaringan
- C. Metode Pembelajaran
l Teori
l Demonstrasi
l Tanya jawab / diskusi
l Praktek dan tugas kelompok
- Langkah-langkah Pembelajaran
No |
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Pendidikan karakter |
1 |
Kegiatan Awal |
|
|
|
- Siswa menjawab salam pembuka dari guru dan berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
10’ |
Empati, religius |
- Guru melakukan presensi kehadiran siswa
|
Disiplin |
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
Ekplorasi |
|
|
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan
- Memeriksa perangkat WAN (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER)
|
85’X6 |
Perhatian, tanggung jawab,rasa ingin tahu, Mandiri, disiplin |
Tanggung jawabKonfirmasi
- Siswa menyimpulkan semua materi dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan
30’Tanggung jawab3Kegiatan penutup
- Guru menyimpulkan materi
- Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
- Siswa menjawab salam penutup
10’Tanggung jawab empati
No |
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Pendidikan karakter |
1 |
Kegiatan Awal |
|
|
|
- Siswa menjawab salam pembuka dari guru dan berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
10’ |
Empati, religius |
- Guru melakukan presensi kehadiran siswa
|
Disiplin |
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
Ekplorasi |
|
|
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan
- Mengganti komponen jaringan yang mengalami kerusakan (Media Jaringan Wireline. (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER))
|
85’X6 |
Perhatian, tanggung jawab,rasa ingin tahu, Mandiri, disiplin |
Tanggung jawabKonfirmasi
- Siswa menyimpulkan semua materi dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan
30’Tanggung jawab3Kegiatan penutup
- Guru menyimpulkan materi
- Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
- Siswa menjawab salam penutup
10’Tanggung jawab empati
No |
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Pendidikan karakter |
1 |
Kegiatan Awal |
|
|
|
- Siswa menjawab salam pembuka dari guru dan berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
10’ |
Empati, religius |
- Guru melakukan presensi kehadiran siswa
|
Disiplin |
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
Ekplorasi |
|
|
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan
- Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian jaringan yang lain (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER)
|
85’X6 |
Perhatian, tanggung jawab,rasa ingin tahu, Mandiri, disiplin |
Tanggung jawabKonfirmasi
- Siswa menyimpulkan semua materi dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan
30’Tanggung jawab3Kegiatan penutup
- Guru menyimpulkan materi
- Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
- Siswa menjawab salam penutup
10’Tanggung jawab empati
- E. Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Buku Manual Jaringan Komputer
- Modul
- Internet
- Perangkat Jaringan Komputer
- Media Jaringan Wireline/ Wireless. (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER)
- Toolkit
- F. Metode Penilaian
- 1. Penilaian
- Teknik :
1) Tertulis
2) Tes Praktek
- Bentuk
1) Uraian singkat
- Instrumen
1. ???????
- Kunci jawaban
- Pedoman Penilaian
1) Psikomotor ( PRAKTIK)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Persiapan
|
K3LH
|
Diagnosa
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2) Tes Sikap (Afektif)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Kehadiran
|
Proses
belajar
|
Sikap
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Tes Pengetahuan (Kognitif)
No
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2.Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
K K M
( KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL )
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
|
KKM
( % )
|
KOMPLESITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE
|
|
Keterangan :
- Kompleksitas = kesulitan dan kerumitan
- Daya dukung = sarana dan prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya.
- Intake = masukan kemampuan siswa.
Penilaian KKM :
1. Kompleksitas : – Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
- Jika penilaian indicator memiliki criteria :
kompleksitas sedang,
daya dukung tinggi, dan
intake sedang,
KKM menjadi :
= 77 %
- G. SOAL DAN JAWABAN
soal
- Sebutkan langkah menghubungkan 2 laptop dengan wifi?
- Sebutkelemhan dari koneksi 2 laptop terbut no 1.?
- Sebutkan langkah menghubungkan 2 laptop dengan acces point?
- Sebutkan beberapa kendala koneksi dengan acces point
- Sebutkan langkah mensetting acces point?
- Sebutkan cara membatasi client AP?
- Sebutkan langkah mensetting repeater?
- Seberapa besar signal repeater yang baik untuk dipanca ulangkan?
- Sebutkan langkah menseting bridge?
- Bagaimana mengimplementasi bridge?
- Sebutkan langkah mensetting router?
-, 18 Juli 2012
Mengetahui :
Kepala Sekolah Verifikator Guru Mata Pelajaran
– – –
NIP.- NIP. – NIP. –
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 1 –
Alamat : –
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kelas / Semester : XII / V
Pertemuan ke : 17 s/d 18
Alokasi Waktu : 10 jam
Standart Kompetensi : Melakukan perbaikan dan atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
Kompetensi Dasar : Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN
Indikator : Menguraikan daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang terhadap perangkat WAN
- A. Tujuan Pembelajaran
l Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN
- B. Materi Ajar
l Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan
- C. Metode Pembelajaran
l Teori Praktis dan Praktikum
- D. Langkah-langkah Pembelajaran
No |
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Pendidikan karakter |
1 |
Kegiatan Awal |
|
|
|
- Siswa menjawab salam pembuka dari guru dan berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
|
10’ |
Empati, religius |
- Guru melakukan presensi kehadiran siswa
|
Disiplin |
2 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
Ekplorasi |
|
|
- Membuat daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang perang-kat WAN (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER)
|
85’X6 |
Perhatian, tanggung jawab,rasa ingin tahu, Mandiri, disiplin |
Tanggung jawabKonfirmasi
- Siswa menyimpulkan semua materi dalam bentuk menjawab pertanyaan yang diberikan
30’Tanggung jawab3Kegiatan penutup
- Guru menyimpulkan materi
- Peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan
- Siswa menjawab salam penutup
10’Tanggung jawab empati
- E. Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Internet
- Modul Ajar
- Media Jaringan Wireline/ Wireless. (Kabel LAN,WLAN, ACCES POINT, REPEATER, BRIDGE, ROUTER)
- Toolkit
- F. Metode penilaian
- 1. Penilaian
- Teknik :
1) Tertulis
2) Tes Praktek
- Bentuk
1) Uraian singkat
- Instrumen
1. ???????
- Kunci jawaban
- Pedoman Penilaian
1) Psikomotor ( PRAKTIK)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Persiapan
|
K3LH
|
Diagnosa
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2) Tes Sikap (Afektif)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Kehadiran
|
Proses
belajar
|
Sikap
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Tes Pengetahuan (Kognitif)
No
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Σ |
NA |
|
|
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PRAKTIK) : 9
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal
2.Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = —————————————–
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
K K M
( KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL )
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN
|
KKM
( % )
|
KOMPLESITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Kompleksitas = kesulitan dan kerumitan
- Daya dukung = sarana dan prasarana, kemampuan guru, lingkungan dan biaya.
- Intake = masukan kemampuan siswa.
Penilaian KKM :
1. Kompleksitas : – Tinggi = 1
– Sedang = 2
– Rendah = 3
2. Daya dukung : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
3. Intake : – Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1
- Jika penilaian indicator memiliki criteria :
kompleksitas sedang,
daya dukung tinggi, dan
intake sedang,
KKM menjadi :
= 77 %
- TUGAS
- Buatlah laporan perbaikan daari peralatan WAN yang kamu kerjakan
-, 18 Juli 2012
Mengetahui :
Kepala Sekolah Verifikator Guru Mata Pelajaran
– – –
NIP.- NIP. – NIP. –